Sabtu, 31 Juli 2010

CARA MENYIAPKAN TEMPAT BELAJAR

Tempat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Tempat belajar yang menyenangkan akan membantu membangkitkan semangat belajar dan membantu memusatkan konsentrasi seseorang pada hal-hal yang akan dipelajari. Sebaliknya, tempat belajar yang tidak menyenangkan dapat menyebabkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi pada hal-hal yang akan di pelajari.
Tempat belajar yang baik meliputi pencahayaan yang cukup, terbebas dari ganggauan suara dan gangguan pandangan, pengaturan meja dan kursi belajar yang baik, dan pengaturan bahan belajar yang baik.

A. Cara Mengatur Tempat Belajar Yang Baik.

Agar semangat belajar kamu meningkat, kamu perlu mengatur tempat belajar. Ada bebrapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengatur tempat belajar.

1. Tentukan tempat belajar tetap. Kamu dapat menentukan tempat belajar tetap di ruang belajar khusus. Jika tempat belajar kamu menjadi satu menjadi kamar tidur, kamu harus bisa mengatur posisi meja dan kursi membelakangi tempat tidur. Hal ini sebagai usaha untuk mengurangi keinginan istirahat sebelum waktu istirahat tiba. Menentukan tempat belajar tetap bermanfaat bagi kamu untuk mengatur semua keperluan belajar. Dengan demikian, kamu tidak perlu berulang kali untuk memindahan keperluan belajar.

2. Hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu belajar kamu.

a. Suara, seperti suara radio, suara televisi, dan suara orang yang bicara. Untuk menghindari gangguan suara, kamu dapat membuat kesepakatan dalam keluarga tentang adanya waktu tenang dalam keluarga. Waktu tennang adalah waktu terbebas dari suara radio, suara televisi, dan orang bicara. Bagi anggota yang tidak belajar, tidak dijinkan membunyikan radio terlalu keras, menyetel televisi dengan volume tinggi dan lain-lain. Kesepakatan seperti ini dapat membnatu untuk menghindari gangguan suara.

b. Pemandangan, seperti gambar dinding yang tidak berkaitan dengan pelajaran, acara televisi, dan orang yang lalu-lalang. Kecuali itu, kamu sebaiknya juga tidak belajar menghadap jendela ataupun pintu. Hal ini dapat menyebabkan kamu dapat melihat orang yang lalu-lalang. Cara yang terbaik ialah belajar mrnghadap dinding.

c. Gangguan berupa selingan-selingan selama belajar. Misalnya, menerima telepon, atau bahkan tugas-tugas lain. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menutup pintu selama belajar dan member tahu kepada keluarga bahwa kamu sedang belajar dan tidak mau di ganggu oleh kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan belajar.

3. Aturlah cahaya lampu agar tidak langsung menyinari mata dan dapat menyinari semua ruangan. Cahaya lampu yang langsung menyinari mata akan membuat mata cepat lelah. Menempatkan lampu juga harus di tempat yang tepat agar dapat menerangi saat kamu membaca.

4. Aturlah meja dan kursi belajar. Sebaiknya kamu tidak mengisi meja belajar dengan barang-barang yang tiadak berhubungan dengan mata pelajaran, seperti foto-foto, novel, majalah, dan alat hias. Barang-barang yang tidak berhubungan dengan mata pelajaran dapat mengganggu kegiatan belajar kamu. Kamu sebaiknya memilih kursi belajar yang rata dan dapat dipakai duduk dengan tegak. Kursi belajar yang terlalu empuk dan posisi sandar membuat kamu cepat mengantuk.

5. Aturlah semua bahan pelajaran. Kamu sebaiknya mengatur bahan pelajaran di tempat yang dekat dengan meja belajar sehingga kamu mudah mengambil bahan pelajaran yang diperlukan. Bila kamu tidak mengatur bahan pelajaran di tempat yang dekat dengan meja belajar, kamu akan membutuhkan waktu untuk mencari bahan pelajaran yang di perlukan. Hal ini akan membuat konsentrasi belajar kamu terganggu.

6. Ventilasi yang cukup. Ventilasi berguna untuk mengatur pergantian udara agar ruang belajar kamu tetap segar. Berilah ventilasi yang cukup